IMG_20180209_091009Di dalam sebuah badan usaha Koperasi, Rapat Anggota Tahunan adalah agenda wajib yang harus diselenggarakan minimal satu tahun sekali. Sebagaimana koperasi pada umumnya, salah satu koperasi dampingan Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) Koperasi Wanita “Karya Perempuan Mandiri” Ngawen menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan pada hari Jumat (9/2) kemaren.

Rapat Anggota Tahunan (RAT)  yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini, diawali dengan acara pembuka yakni doa, menyanyikan lagu kebangsaan dan sambutan-sambutan. Kemudian dilanjut acara inti yang meliputi penyampaian julah quorum & tata tertib rapat oleh Tri Yarsini, penyampaian LPJ pengurus oleh Ngatemi, rencana kerja dan RAPB Koperasi 1 tahun ke depan oleh Ngatemi, penyamoaian LPJ pengawas koperasi oleh Nuyani, dan diskusi anggota yang dipimpin oleh Ngatemi dan Nuryani.

Acara yang diselenggarakan di Balan Dusun Randusari, Desa Watusigar, Kec. Ngawen Gunung Kidul ini di hadiri langsung oleh Kepala Desa Watusigar Bapak Pardi yang sekaligus memberikan sambutan dalam acara tersebut. Dalam kesempaannya, Pardi sangat mengapresiasi terselenggaranya RAT dan  kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama ini oleh Koperasi Wanita Karya Perempuan Mandiri  di Desa Watusigar, termasuk kegiatan simpan-pinjam yang dirasa sangat membantu mengembangkan di sektor perekonomian masyarakat Watusigar dalam menangkal datangnya bank-bank plecit atau rentenir di tengah-tengah masyarakat. “mengembangkan usaha simpan-pinjam ini supaya masyarakat tidak lagi tergantung pada rentenir” ungkapnya.

Sebagai tanggung jawab desa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, Desa Watusigar ke depan akan membangun rest area di wilayah Watusigar. Harapannya, seluruh anggota Koperasi juga turut ambil peran dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangkan produk usaha lokal yang nantinya bisa dipasarkan di lokasi rest area yang direncanakan tersebut. “nanti akan ada kios-kios, ibu-ibu nanti bisa menjual hasil kuliner di sana. ini mimpi kita bersama, harus diupayakan” tegasnya.

Selain Pardi, turut hadir juga dalam RAT Karya Perempuan Mandiri tersebut Dinas Koperasi Gunungkidul, staff Camat Ngawen, dan Devisi Pemberdayaan Perempuan YSKK.

Iklan