IMG_8693

Selasa (4/4) kemaren  jam 09:30 WIB suasana kantor Kopwan Karya Perempuan Mandiri (KPM) tampak  masih sepi. Perempuan paruh baya tampak keluar lewat pintu depan rumah dekat kantor KPM, beliau kerap disapa Bu Emi, ketua Koperasi Wanita KPM. Perempuan yang selama ini menjadi nahkoda perjalanan koperasi KPM.

Pendampingan kali ini dalam rangka membantu ngeprint Buku Simpanan Sukarela anggota. “buku simpanan sukarelanya tidak usah banyak-banyak, Mas” ucap ibunya mengingatkanku. “Maklum”, lanjutnya, “anggota koperasi tidak biasa untuk nabung. Biasanya cuma minjam” katanya yang kemudian disambut tawa bersama.

Yang catatan pendamping dalam pendampingan kali ini adalah munculnya ungkapan “anggota tidak biasa menabung, bisanya ya minjem”. Yaitu pengurus kurang selektif dalam menerima calon anggota. Terbukti, Selasa (4/4) kemaren, ada calon anggota yang sedang ada kebutuhan keuangan. yang bersangkutan mendaftar dan sekaligus mengajukan pinjaman ke koperasi. selanjutnya langsung diproses oleh pengurus.

Iklan