Penyusunan PED: Sebuah Perjuangan (2)

IMG_20180411_125558Senin (30/4) kemaren, Tim YSKK masih melakukan penggalian data di lapangan. data yang dibutuhkan masih sama dengan kebutuhan data seperti sebelumnya, yaitu kebutuhan data Industri Kecil Menengah (IKM) untuk melemgkapi data-data penyusunan Profil Ekonomi Desa yang masih kurang. Penyusunan Profil Ekonomi Desa merupakan langkah awal Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK)  untuk mengawali Implementasi program Desa MANTAP di 4 empat Desa di Kabupaten Gunungkidul: Desa Semin, Sambirejo, Kampung, dan Watusigar.

Kali ini, Tim mencoba mendatangi 3 desa model Desa MANTAP. Pertama, Tim mendatangi Desa Kampung, sesampainya di Balai desa kampung, tim di temui langsung oleh BU Harmi Kepala Dukuh Gununggambar. saat ditanya kemana seharusnya mengakses data IKM Desa Kampung, Beliau Bu harmi menjelaskan bahwa semua Data IKM Desa Kampung ada di Bapak Lanjar. sementara Bapak Lanjar sendiri sedang menghadiri undangan rapat di Kantor Kecamatan Ngawen.

Kedua, kemudian dilanjut mendatangi Desa Watusigar. di Balai Desa Watusigar tim mencoba menemui langsung Sekdes Watusigar, setelah berjumpa dan menyampaikan maksud dan tujuan YSKK ke Watusigar kalau ingin mengakses data Industri Kecil Menengah (IKM) Desa Watusigar.

Menurut beliau, Semua data IKM Desa ada  di bagian Pelayanan, sementara bagian Pelayanan yang dimaksud sedang bertugas menghadiri undangan rapat di Kantor Kecamatan Ngawen. kebetulan, lanjut beliau, desa tidak memiliki salinan print out data IKM Desa. Alhasil, usaha untuk mengakses data Industri Kecil Menengah Desa Watusigar juga tidak membuahkan hasil.

Pak Sekdes menawarkan solusi kalau data IKM Desa Watusigar nanti akan dikirim via emali ke Kepala Devsisi Pemberdayaan Perempuan YSKK Lusiningtyas. setelah dikonfirmasi langsung ke Lusiningtyas, hinggatulisan ini dibuat, pihak Desa Watusigar sama sekali belum menghubungi Kepala DivisinPemberdayaan Perempuan YSKK.

Di hari yang sama, Desa ketiga yang didatangi adalah Desa Semin dan menemui langsung Kasi Kesejahteraan Masyarakat Bapak Totok. tim sebenarnya sudah tidak terlalu berharap apa-apa dari beliau. kebetulan tim saat itu, membawa 3 tas yang sebelumnya dipesan oleh Bapak Totok. terkait dengan data Industri Kecil Menengah (IKM) Desa Semin, Bapak Totok menyampaikan bahwa data IKM Desa ada di bagian Pelayanan Umum. untuk mempercepat akses data-data IKM, Pak Totok menawarkan solusi bahwa nanti Bapak Totok akan mengusahakan untuk mencarikan data lain terkait dengan data Industri Kecil Menengah di Desa Semin. dan pada Rabu (2/5) pagi, data yang dimaksud Totok sudah dikirimkan via whatsapp.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s