Dusun Sambeng 2, Salah Satu Sentra Anyaman Plastik di Gunungkidul

Masyarakat biasanya menganggap sampah adalah sesuatu yang tidak bernilai apa-apa. Sampah yang dihasilkan dari rumah tangga hingga perusahaan pabrikan biasanya dibuang begitu saja hingga menjadi masalah bagi masyarakat sendiri dan lingkungannya.

Akan tetapi, ketika sampah dimanfaatkan, diolah menjadi kerajinan tangan ternyata akan menjadi sebuah peluang usaha baru yang cukup menjanjikan. dengan bermodal kretifitas, sampah yang awalnya tidak bernilai apa-apa bisa bernilai ekonomis dan menjadi mata pencaharian baru di sekitar kita.

Salah satu contoh, Masyarakat Dusun Sambeng 2 Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen Gunungkidul. dengan berbekal kretifitas yang dimiliki warga setempat, sampah plastik yang dihasilkan pabrik mampu disulap menjadi kerajinan-kerajinan yang cukup diminati oleh pasar. Sampah platik tersebut oleh warga dianyam menjadi bronjong, tas, tempat sampah, pot bunga, sangkar ayam, dan lain-lain.

Hasil kreatifitas masyarakat dalam mengelola sampah plastik menjadi berbagai macam anyaman tersebut cukup diminati oleh pasar. Anyaman plastik yang dihasilkan oleh para pengrajin di Dusun Sambeng 2 bisa langsung terjual habis. “Bisa 1 hingga 2 kali pengiriman dalam seminggunya” kata Sri salah satu pengrajin anyaman platik.

Selama ini, jangkauan pasar anyaman plastik masih daerah-daerah terdekat Gunungkidul. seperti Klaten, Wonogiri, Boyolali, Semarang dan Daerah-daerah di Jawa Timur. “sebenarnya dari Sumatera juga ada yang pesan. lumayan banyak peminatnya. tapi ya karena hasilnya cuma habis di daerah sini ya tidak bisa, biasanya mereka yang datang kesini langsung” ungkap Dwi salah satu pengrajin.

Tidak hanya di Dusun Sambeng 2, beberapa dusun yang masyarakatnya berprofesi sebagai pengrajin anyaman plastik adalah Dusun Sambeng 1 dan Dusun Tobong.

Iklan

3 Comments Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s