Persiapan Penganugerahan APE 2018, Gunungkidul Berharap Mendapat Predikat Memuaskan

Selasa (10/7/2018),  Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPM&D) menyelenggarakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Pengarusutamaan Gender (PUG), Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA) di Ruang Rapat Membangun Desa DP3AKBPM&D. Acara ini diselenggarakan dalam rangka persiapan untuk menyambut penganugerahan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kepada Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melelui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah bentuk pengakuan Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia atas komitmen dan peran para pimpinan Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melelui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG). penganugerahan ini diselenggarakan setiap 2 tahun sekali.

Bupati Gunungkidul melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Widodo,MM. saat memberikan pengarahan kepada peserta rapat, berpesan agar proses evaluasi ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh segenap Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kabupaten Gunungkidul. Harapannya, melalui rapat evaluasi ini Pemerintah Gunungkidul bisa terus berbenah dan bisa lebih meningkatkan kinerja pembangunan dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di Gunungkidul.

Selain itu, Pemerintah Gunungkidul juga berharap semoga tahun ini Gunungkidul bisa memperoleh predikat yang lebih memuaskan dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Predikat APE yang diraih

Widodo menambahkan, Pada tahun-tahun sebelumnya upaya Pemerintah Gunungkidul dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) mendapat nilai yang relatif beragam setiap tahunnya, yaitu mengalami pasang surut.  Pada tahun 2012 kabupaten Gunungkidul mendapat predikat “Madya”, di tahun 2013 predikat “Utama”, tahun 2014 predikat “Pratama” dan di tahun  2016 mendapat predikat “Madya”.

“pokoknya tahun ini harus lebih baik,” tegas beliau.

Rapat evaluasi ini diikuti oleh perwakilan SKPD se-Kabupaten Gunungkidul dan perwakilan dari beberapa Organisasi-organisasi masyarakat sipil yang memiliki wilayah kerja di Gunungkidul. (han)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s