Yatmi, wanita paruh baya terlihat sibuk menata olahan makanan di atas meja kecil di salah satu tenda yang berderet rapi di tengah Alun-alun Wonosari Kabupaten Gunungkidul, Selasa (24/7) sekitar jam 13:30 WIB kemaren. Yatmi merupakan Pengurus Koperasi Wanita Karya Perempuan Mandiri (Kopwan KPM) Watusigar Ngawen Gunungkidul.

img_20180724_152023.jpg

Olahan makanan berbungkus plastik yang ditata Yatmi merupakan olahan makanan lokal, seperti keripik singkong, rengginang dan kerupuk, produk hasil usaha anggota Kopwan KPM yang akan dipamerkan dalam acara Gunungkidul Harkop 2018 “Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional” yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kabupaten Gunungkidul.

Acara pameran ini digelar dalam rangka perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas)  12 Juli kemaren yang melibatkan koperasi dan UMKM se-Kabupaten Gunungkidul. Berbagai produk yang dihasilkan oleh koperasi dan pelaku UMKM dipajang di stand masing-masing. produk-produk itu cukup beraneka ragam, mulai dari olahan makanan lokal (keripik, kerupuk, emping, rengginan, dll), kerajinan tangan (kerajinan  akar wangi, kerjinan plastik, aksesoris, dll) hingga hasil pertanian pun (sayuran, buah, beras) turut memenuhi tenda-tenda yang sudah disiapkan panitia sebelumnya.

Menurut Yatmi, pameran ini akan di buka pada Selasa (24/7) malam pukul 19:00 WIB dan akan berlangsung hingga hari Sabtu (28/7) besok. “Lima hari kami (mengikuti pamera) di sini” pungkasnya. (han)

Iklan