Musdes Penyusunan Rancangan RKPDes Sambirejo

Gunungkidul – Rancangan RKPDes (Rencana Kegiatan Pembangunan Desa) Sambirejo tahun 2019 yang akan dibahas sekarang merupakan rancangan kegiatan yang berkiblat pada RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) sebagai bentuk realisasi dari visi dan misi Kepala Desa Sambirejo.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sambirejo Kec. Ngawen Gunungkidul, Ngatno S, saat memberikan pandangan umum dalam penyelenggaraan Musyawarah Desa (Musdes) Sambirejo di Balai Desa setempat pada Jumat (5/10) siang.

Acara yang dimulai jam 14:00 WIB itu diawali dengan pemaparan Rancangan RKPDes oleh Sekretaris Desa Arif Riyadi. Menurutnya, dalam penyusunan Rancangan RKPDes untuk tahun 2019 tersebut, pihaknya mengalami banyak kendala terutama berkaitan dengan aturan atau regulasi. seperti belum adanya pagu indikatif dari pemerintah, informasi program pemerintah yang masuk ke desa belum ada, serta regulasi terkait prioritas penggunaan Dana Desa dan aturan turunan dari Permendagri 20/2018 yang masih belum jelas.

“Ya sementara ini kami hanya menyusun rancangan ini seadanya saja. Kalaupun nanti ada perubahan (aturan) bisa dibahas di kesempatan selanjutnya”, kata Arif.

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) itu, dihadiri langsung oleh seluruh perwakilan elemen masyarakat yang ada di Desa Sambire. Turut hadir juga di tengah-tengah mereka perwakilan Kecamatan Ngawen Gunungkidul, Sakidi. Dalam kesempatannya, saat memberikan pandangan umum, beliau mengungkapkan bahwa penyusunan RKPDes se-kecamatan Ngawen cukup terlambat. Hampir semua desa di Ngawen belum rampung dalam penyusunan RKPDes masing-masing.

“Ini sudah mau akhir 2018, dan yang kebetulan hari ini sama-sama menyelenggarakan Musdes ada 3 desa. Makanya pihak kecamatan bagi tugas, dan saya yang berangkat kesini”, terangnya. [han/yskk]

Iklan