Riset pasar bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sangat penting untuk memberikan gambaran peluang pasar pada produk atau jasa yang akan kita tawarkan (jual). Bagi pelaku usaha baru, riset pasar sangat dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan masyarakat dan jenis produk atau jasa yang harus kita pilih. Sehingga antara barang atau jasa yang yang kita tawarkan dengan kebutuhan masyarakat bisa sesuai dan tidak salah sasaran.

Materi Mengidentifikasi Segmen dan target Pasar

Hal tersebut disampaikan oleh Acmad Buchory saat menyampaikan materi Riset Pasar dalam Kelas Reguler UMKM yang diselenggarakan oleh Rumah Kreatif BUMN (RKB) Solo di kantor RKB Solo Jl. Adi Sucipto No, 1B Manahan Solo pada Selasa (9/10) pagi. Kelas yang berlangsung dari jam 09:15 – 11:45 tersebut diikuti sekitar 16 pelaku usaha UMKM dari berbagai wilayah di  Solo Raya. Seperti dari Sragen, Sukoharjo, Surakarta dan Karanganyar.

Pentingnya riset pasar, lanjutnya, akan sangat membantu palaku UMKM untuk mempertahankan eksistensinya dalam dunia usaha. Menurutnya, selama ini telah banyak pelaku usaha UMKM yang mengalami kegagalan di tengah perjalanan usahanya karena mengabaikan proses ini. Mereka enggan untuk melakukan riset terkait perkambangan kebutuhan pasar, sementara kebutuhan masyarakat dari waktu ke waktu akan terus mengalami perubahan. “Seperti Jogja Scrummy miliknya artis Dude Herlino di Jogja, penjualannya terus mengalami penurunan secara drastis. Hasil penelitian saya, Scrummy tidak mau riset kondisi pasar, apalagi ditambah munculnya usaha-usaha baru seperti Mamahke, ya tambah kalah bersaing” tuturnya.

Iklan