IMG_2921

Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) melalui Divisi Pemberdayaan Perempuan bersama Kolompok Perempuan Desa PRIMA (Perempuan Indonesia Maju Mandiri) Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul melakukan identifikasi terhadapan kegiatan usaha yang selama ini dilakukan  oleh perempuan-perempuan Desa Sambirejo. Acara yang berlangsung pada Rabu (17/10) kemaren di kediaman salah satu anggota kelompok Desa PRIMA diikuti langsung oleh 21 orang anggota kelompok Desa PRIMA yang kesemuanya memiliki usaha produktif olahan makanan lokal seperti keripik sayuran, olahan kelor, olahan pisang, olahan bonggol pisang, dan berbagai olahan hasil pertanian lainnya.

IMG_2962

Metode yang digunakan dalam proses identifikasi ini adalah Bisnis Model Kanvas, dimana peserta yang terbagi ke dalam 3 kelompok diminta untuk mengidentifikasi kegiatan usahanya mulai dari hulu hingga hilir. Seperti mengidentifikasi mitra/patner usaha, aktivitas yang dilakukan dalam kegiatan usaha, sumber daya yang mendukung kegiatan usaha, sesuatu yang membedakan dengan produk lain, hubungan yang dibangun dengan pelanggan, media yang dipakai saat promosi, pasar yang ditarget, pengeluaran atau biaya yang dibutuhkan selama kegiatan produksi, dan pendapatan yang dihasilkan.

Beberapa hal yang kemudian menjadi catatan besar dari hasil identifikasi tersebut adalah: pertama, kebutuhan untuk mengembangkan jangkauan pasar melalui online atau media sosial. Kedua, kurangnya alat produksi (teknologi tepat guna) yang mendukung proses produksi, ketiga, kemasan produk. Keempat, perhitungan dalam menentukan harga produk, dan kelima, minimnya produk yang sudah memiliki izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Iklan