Dalam beberapa bulan terkahir ini, Yayasan Satu Karsa Karya(YSKK) melalui Divisi Pemberdayaan Perempuan melakukan penyusunan Profil Ekonomi Desa di Desa Semin, Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. Dari hasil identifikasi di lapangan terkait data potensi-potensi ekonomi terdapat beberapa data yang meragukan keabsahannya. Sehingga pada Senin (12/11) kemaren dilakukan konfirmasi dan klarifikasi terkait data-data tersebut ke Pemerintahan DesaSemin yang ditemui langsung oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat, Totok Murwarsito di Balai Desa Semin.

Beberapa data yang dirasa janggal dan tidak sesuai dengan data sebenarnya adalah data-data yang didapat dari website desa www.semin.desa.id. Seperti angka sebaran penduduk di masing-masing wilayah dusun, jumlah dusun dan jumlah kepala keluarga.

Menurut Totok, website Desa Semin selama ini masih belum dilakukan pembaharuan data sehingga ada data-data yang memang tidak singkron dengan data yang sebenarnya di lapangan.

“ini yang Munggur juga datanya masih belum diupdate, nanti kami akan melakukan pembaharuan data. Atau nanti kita konfirmasi lewat WA saja” Ujar Totok.

Terkait jumlah Dusun di Desa Semin, dalam website desa tercatat ada 17 Dusun. Saat dikonfirmasi, Totok menuturkan bahwasanya jumlah Dusun di Desa Semin terdapat 21 Dusun. Namun secara administrasi resmi hanya tercatat ada16 Dusun.

“Ada beberapa Dusun yang secara administrasi digabung dengandusun lain. ini yang di web memang belum dilakukan pembaharuan” pungkasnya.

Iklan