Kamis (20/12) kemaren, Divisi Pemberdayaan Perempuan melakukan pendampingan ke Koperasi Wanita (Kopwan) Karya Perempuan Mandiri terkait persiapan pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Sesuai kesepakatan Pengurus koperasi, RAT dijadwalkan pada hari Jumat, 11 januari 2019.

Beberapa persiapan sudah dilakukan pengurus termasuk mencetak undangan untuk anggota, konsep dan susunan acara, list lembaga/badan terkait yang akan diundang,  penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan dan Laporan Pertanggungjawaban Pengawas.

Namun, ada hal teknis yang cukup mengganggu proses persiapan RAT itu yaitu rusaknya printer. Printer kantor koperasi yang rusak ditengarai lantaran kurangnya perawatan. Ditambah lagi koperasi KPM jarang melakukan aktivitas cetak-mencetak menggunakan printer sehingga tinta menjadi ngendap dan terjadi penyumbatan pada cartridge. Alhasil cartridge  menjadi rusak dan tidak bisa dipakai. Hal ini yang jarang diperhatikan oleh pengurus KPM.

Sebagai upaya untuk memberikan pemahaman dalam perawatan printer, Divisi PP sudah memberikan tata cara perawatan printer dan cara menangani printer jika mengalami kerusakan lagi. Seperti adanya aktivitas ngeprint minimal 2 hari sekali, saat ngeprint pastikan tidak ngeprint dalam jumlah yang banyak secara sekaligus. Jika terjadi kerusakan atau hasil cetak tinta putus-putus maka yang perlu dicek adalah cartridge  apakah tinta meresap keluar atau tidak, melepas cartridge dari printer dan menaruh pada posisi lebih rendah dari tabung tinta untuk melihat aliran tinta ke cartridge  apakah lancar.

Iklan